Kamis, 03 Maret 2011

Mengenal Komputasi Modern

Komputasi modern......sebenernya bingung juga nulis artikelnya...karna kalo di searching di mbah google banyak bangat nih artikel tentang ini. Bukanya penulis tidak mau copy paste tapi bingung kata-katanya,,,semua tentang komputasi modern seperti arti menurut bahasa, pengertian, sejarah, manfaat, dan contoh-contohnya sudah banyak di posting artikel tentang ini semua. Tapi berhubung ini menjadi tugas kuliah yang wajib dikerjakan maka terpaksa saya menulisnya dengan mengambil sedikit informasi-informasi dari artikel-artikel terkait. Maaf ya jika ada kemiripan-kemiripan sedikit,,,,tapi tenang saya cantumkan di referensi kok,,,,

Komputasi Modern

Kalo menurut bahasa ada dua kata yaitu Komputasi dan Modern dimana Komputasi itu adalah menghitung sedangkan Modern adalah sesuatu yang diciptakan pada zaman sekarang ini atau sesuatu yang bisa membuat apa yang sebelumnya kita anggap dulu tidak bisa(itu menurut penulis) jadi Komputasi Modern adalah Suatu alat perhitungan yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dianggap tidak bisa dipecahkan tapi berdasarkan referensi yang penulis dapat Komputasi Modern secara teori adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung akurasi (bit, floating point), kecepatan (dalam satuanHz), problem volume besar (paralel), modeling (NN dan GA) dan kompleksitas (menggunakan Teori Big O).

Sejarah

Pencetus dari dasar – dasar komputasi modern pertama kali adalah John Von Neuman. Ia adalah ilmuwan yang meletakkan dasar – dasar komputasi modern. Semasa hidupnya Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21 dengan meningkatkan karya – karyanya tidak hanya dalam bidang matematika, teori kuantum dan game theory, namun juga fisika nuklir dan ilmu komputer. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada perang Dunia II.

Karakteristik Komputasi Modern

Menurut hasil searching di google karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Contoh dari Komputasi Modern seperti sudah saya jelaskan diatas sebenarnya tidak perlu saya tulis karan sudah banyak artikel mengenai contoh dari komputasi modern, tapi untuk kali ini penulis akan mencoba menyalurkan ide untuk membuat komputasi modern, penulis tidak tau apakah ide ini sudah pernah ada yang mempublikasikan atau belum. Jika diciptakan mesin pendeteksi nafas manusia akankah ini menjadi suatu terobosan yang menakjubkan bagi dunia Teknologi di dunia??? Jika alat ini benar-benar bisa diciptakan bukan tidak mungkin keamanan dalam dunia teknologi akan semakin canggih,,,heheh ungkin ini ide yang ngawur kali ya,,,

referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/
http://4d1kurn14.wordpress.com/2010/02/21/komputasi-modern/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

met Deteng ah di CiTy IT Blog aye...

Tempatnye orang-orang yang punya imajinasi guede!!!!pan harus begaye asal otaknye juge begaye