Rabu, 16 September 2009

WINDOWS 95 Dilengkapi Dengan Fitur IPX/SPX

Sejarah

Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft. Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer.

Berikut merupakan edisi dari Windows 95:

Rilis

Versi

Dirilis

Internet Explorer

Dukungan USB

Dukungan FAT32

Dukungan DMA

Windows 95 Retail

4.00.950

1995

Tidak Ada (Versi 1.0 di Microsoft Plus! for Windows 95)

Tidak Ada

Tidak Ada

Tidak Ada

Windows 95 Retail SP1

4.00.950A

1995

Tidak Ada (Versi 1.0 di Microsoft Plus! for Windows 95)

Tidak Ada

Tidak Ada

Tidak Ada

Windows 95 OEM Service Release 1

4.00.950A

1995

1.0

Tidak Ada

Tidak Ada

Tidak Ada

OEM Service Release 2

4.00.1111 (4.00.950B)

1996

3.0

Tidak Ada

Ada

Ada

OEM Service Release 2.1

4.03.1212-1214 (4.00.950B)

1996

3.0

Ada

Ada

Ada

OEM Service Release 2.5

4.03.1214 (4.00.950C)

1997

4.0

Ada

Ada

Ada


Fitur-Fitur windows 95

Windows 95 memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • Sebuah antarmuka grafis yang didesain ulang (sangat berbeda dengan versi Windows 3.x), yakni desktop yang dapat dikonfigurasikan, adanya taskbar, tombol Start, dan menu konteks.
  • Kompatibilitas dengan perangkat keras yang lama, serta aplikasi MS-DOS 16-bit serta Windows 16-bit.
  • Arsitektur 32-bit untuk driver perangkat, yang disebut oleh Microsoft Virtual Device Driver (VxD).
  • Fungsi multitasking yang ditingkatkan. Windows 95 menggunakan skema preemptive multitasking, menggantikan skema cooperative multitasking yang sebelumnya digunakan oleh Windows 3.x.
  • Subsistem jaringan, subsistem disk, dan subsistem pencetakan yang berbasis 32-bit dan juga terintegrasi.
  • Dukungan jaringan terintegrasi yang cukup luas, mencakup Microsoft Networking (NetBEUI), TCP/IP, NetWare (IPX/SPX), Banyan Vines; Windows Messaging untuk berkirim e-mail; Dial-up Networking untuk koneksi Remote Access Services (RAS) dan koneksi Internet.
  • Dukungan terhadap nama berkas panjang.
  • Dukungan plug-and-play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi terhadapnya secara otomatis.
  • Dukungan Advanced Power Management (APM) untuk manajemen daya
  • Dukungan multimedia (audio/video) terintegrasi.
  • Dukungan terhadap manajemen secara terpusat dari server, seperti halnya group policy, dan user profile.

Berdasarkan fitur yang ada system operasi windows 95 dilengkapi dengan dukungan jaringan IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange yang mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data.

Internetwork Packet Exchange

IPX (bahasa Inggris: Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh sistem operasi Novell NetWare pada akhir dekade 1980an hingga pertengahan dekade 1990an. IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless), seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan protokol TCP/IP. Selain membutuhkan protokol IPX, Novell NetwareSequenced Packet Exchange (SPX) dan Network Control Protocol (NCP). Protokol ini diturunkan oleh Novell dari protokol IDP yang terdapat di dalam Xerox Network Services. juga membutuhkan protokol tingkat tinggi bernama

IPX digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari satu titik di dalam jaringan ke titik lainnya melalui sebuah internetwork. IPX beroperasi di lapisan jaringan (lapisan ketiga pada model OSI), dan dapat digunakan di dalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan protokol lapisan data-link lainnya. IPX memang dahulu pernah digunakan pada Local Area Network (LAN) berbasis Novell NetWare sebelum akhirnya Novell menggantinya dengan TCP/IP saat merilis NetWare 5.x. Sebelum diganti dengan TCP/IP, protokol ini merupakan protokol yang sangat populer.

Pada awalnya, penggunaan IPX sangatlah banyak, sebelum munculnya Internet booming pertengahan dekade 1990an. Pada saat itu, komputer dan jaringan komputer dapat menjalankan beberapa protokol jaringan, sehingga hampir semua jaringan berbasis IPX juga menjalankan TCP/IP untuk mengizinkan konektivitas Internet. Sebelum versi NetWare 5.x IPX merupakan protokol yang wajib, akan tetapi, pada versi 5.x atau yang lebih baru, Novell mengizinkan penggunanya untuk menjalankan NetWare tanpa IPX.

Pengalamatan IPX

Node-node IPX memiliki skema pengalamatan sebagai berikut:

  • Jaringan-jaringan logis diberi alamat 32-bit bilangan heksadesimal dengan jangkauan dari 0x00000001 hingga 0xFFFFFFFE. Alamat ini dinamakan juga dengan alamat jaringan (network address).
  • Setiap host memiliki alamat node-nya masing-masing, yang secara default-nya diatur ke alamat MACnode tersebut. Alamat node pun ditambahkan ke alamat jaringan untuk membuat tanda pengenal unik untuk host-host di dalam jaringan. yang digunakan oleh kartu jaringan yang digunakan oleh

Persamaan IPX dengan IP

Alamat jaringan IPX, secara konsep, mirip dengan alamat IP, yakni pada bagian network identifier dari total panjang 32-bit alamat IP (bagian alamat IP dengan bit subnet mask-nya diset ke angka 1). Mengingat alamat node menggunakan alamat MAC dari kartu jaringan yang digunakan, maka protokol Address Resolution Protocol (ARP) pun tidak dibutuhkan. Saat melakukan routing, entri-entri di dalam tabel routing IPX juga sama dengan tabel routing IP, yakni routing dilakukan dengan menggunakan alamat jaringannya, dan setiap alamat jaringan, format network:node digunakan, dengan cara yang sama dengan format alamat IP/subnet mask yang digunakan di dalam tabel routing IP.

IPX melalui Ethernet

IPX juga dapat ditransmisikan melalui teknologi Ethernet dengan menggunakan empat buah jenis enkapsulasi, sebagai berikut:







Coment saya:

Menurut saya dengan semakin berkembangnya teknologi sesuatu kekurangan dapat di antisipasi dengan daya pikir manusia yang semakin berkembang sehingga menciptakan suatu karya yang bermanfaat untuk seluruh umat manusia dan mudah digunakan atau dalam bahasa komputernya user friendly seperti pada system operasi windows ini yang berawal dari DOS dimana di seorang user harus dibuat susah dengan fitur-fitur yang menyusahkan sehingga penggunaanya kurang efektif dan efisien, jadi dengan adanya pemikiran seperti itu Microsoft mencoba menambahkan fitur-fitur yang lebih efekti dan efisien dengan grafik yang bagus sehingga munculah system operasi terbaru yaitu windows versi 3.x, windows 93, windows 93, windows 98, windows 2000, windows xp, sampai yang terbaru adalah windows 7.

Kekurangan pada windows 95 menurut saya adalah dari segi grafik desainnya yang kurang menarik dan terlihat kaku.

Kelebihanya seperti yang sudah dijelaskan dalam makalah ini dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru seperti plug-and-play, Microsoft Virtual Device Driver, pendukung jaringan seperti IPX dll.


Referensi:
www.wikipedia.com
http://atinsupriyanto.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

met Deteng ah di CiTy IT Blog aye...

Tempatnye orang-orang yang punya imajinasi guede!!!!pan harus begaye asal otaknye juge begaye