Kamis, 07 Oktober 2010

AuraCMS tools Pembuat Web Buatan Anak Bangsa


Berhubung dengan semakin banyaknya bisnis online dan penjualan online atau bahasa kerenya e-bussines and e-commerce para perusahaan atau organisasi yang berdiri sendiri sibuk menciptakan sesuatu hal yang dianggap bermanfaat untuk para pelaku bisnis dan penjualan online, mungkin dengan fakta ini timbul pemikiran untuk membuat suatu alat untuk memudahkan para pelaku bisnis online dengan tools yang user friendly misalnya seperti menyediakan fasilitas seperti e-catalog dan guestbook seperti yang pada umumnya web-web e-commerce, maka diciptakan lah CMS.
Sebelum masuk lebih dalam mengenai AuraCMS ada baiknya kita mengetahui pengertian CMS itu sendiri.

CMS adalah Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. jadi para pembuat web e-commerce tidak perlu memperdalam bahasa pemrograman yang terkait dalam pembuatan web tersebut. Kemudian juga teciptalah tools yang dapat dengan mudah kita dapatkan diinternet karena merupakan software open source dan ada juga yang berbayar. Salah satu tools yang open source adalah Auracms selanjutnya dalam artikel ini penulis akan mencoba membahas lebih dalam mengenai aplikasi Auracms.

AuraCMS adalah salah satu dari banyak aplikasi berbasis CMS yang dapat digunakan untuk membangun website. Berbeda dengan aplikasi berbasis CMS yang banyak dikenal, aplikasi ini dibuat oleh orang-orang dalam negeri bisa dibilang CMS ini adalah hasil karya putra-putri bangsa.


Review Tools


Awal mulanya, berdasarkan informasi yang penulis dapatkan AuraCMS itu berasal dari ide yang tercetus saat ingin membuat website dengan konten dinamis, dimana website dinamis adalah website yang dapat memberikan komunikasi dua arah terhadap admin dan user jadi keduanya bisa saling berinteraksi sehingga terjalinlah suatu transaksi.
Pada saat itu muncul ide untuk membuat kumpulan script PHP yang terintegrasi. Dan kemudian terbuatlah dua buah jenis script PHP tersebut yang satu menggunakan data berupa file text dan yang lainnya menggunakan database MySQL. Kemudian setelah dicoba ternyata data yang menggunakan database MySQL jauh lebih gampang dan tidak rumit dalam pengelolaannya sehingga yang menggunakan data berupa file text tidak dilanjutkan lagi. Setelah itu script yang menggunakan database MySQL tadi diberi nama "aura" dan karena merupakan software Content Management System maka nama lengkapnya "AuraCMS".

Succes Story

Auracms dibuat dan di kembangkan oleh Rumi Ridwan, Iwan Susyanto dan Arif Supriyanto bekerjasama dengan Kioss Project versi pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2003. Kemudian disusul dengan versi versi berikutnya dan sempat vacum beberapa waktu pada versi 1.3&1.4.
Dan pada saat versi 1.5 terbit mulai banyak yang menyumbang modul ataupun modifikasi dan ide-ide baru sehingga terbit versi 1.6 beta sebagai versi percobaan.
Ternyata dilaporkan bahwa pada versi 1.6 beta ini masih ada beberapa bug sehingga pada bulan Juli 2005 diterbitkan versi baru yang tidak beta lagi yaitu versi 1.61 dengan mengeliminasi bug pada versi 1.6 beta dan menambahkan beberapa fitur yang baru.
Kini AuraCMS sudah mengalami perkembangan hingga versi 2.2.2. Dalam perkembangannya Aura CMS banyak mengalami kendala. Pernah situsnya tidak online selama beberapa bulan,permasalahannya yaitu kekurangan dana untuk perpanjangan hosting. Bahkan pernah juga para pemilik AuraCMS ini sempat mengharuskan Para pengguna AuraCMS untuk membayar alias tidak gratis.
Mungkin para pembuat pembuat merasa jengkelnya melihat hasil karyanya tidak dihargai oleh orang lain. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna AuraCMS yang menghapus nama AuraCMS, dan diganti dengan nama sendiri. Mungkin untuk tujuan agar lebih terlihat lebih keren. Ya inilah penyakit orang indonesia yang kurang pemahaman dengan berusaha memperlihatkan suatu yang bagus dari hasil orang lain.

Dari segi keamanan

Auracms ini masih banyak masalah dalam keamanan file-filenya, salah satu yang penulis dapatkan berdasarkan informasi adalah semua folder yang ada pada web auracms ini dapat terbuka semua secara langsung dan untuk mengatasinya adalah harus melakukan patch pada cms tersebut. Dan cara melakukan patch nya itu cukup rumit yaitu kita harus membuka salah satu file phpnya dan melakukan edit script.
Untuk lebih jelasnya kunjungi link forum dibawah ini:
http://auracms.org/forum-bugs-auracms-and-thread-bug-pada-file-pages_data-php.html

Kelebihan AuraCMS:
• Installnya mudah dan CMSnya buatan Indonesia
• Admin panelnya tidak terlalu sulit
• Pilihan template cukup banyak
• Menggunakan bahasa indonesia.

Kelemahan AuraCMS:
• Banyak component yang belum compatible dan Kurang praktis
• setting CSS dan Compatibility tidak sejalan dgn beberapa web browser
• Pada penggunanaan rewritenya, apabila ingin merubah skrip PHP nya hrs satu persatu Skrip PHPnya dihapus (pengerjaan lebih lama dan lebih sulit bagi pengguna admin)

Bagi yang berminat memakai tools ini untuk melakukan e-bisnis dan e-commerce dapat mendownloanya disini

Referensi:
http://auracms.org
http://kangdarma.wordpress.com/2009/03/21/download-auracms/

1 komentar:

  1. saya membangun website dengan auraCMS pada saat di instal di server kemudian di akses oleh client / user intranet sangat lambat. padahal di localhost cepat. mohon solusinya?.

    BalasHapus

met Deteng ah di CiTy IT Blog aye...

Tempatnye orang-orang yang punya imajinasi guede!!!!pan harus begaye asal otaknye juge begaye