Sabtu, 13 November 2010

Mengenal CIM(Corporate Informtion Managemant) dan Penerapanya dalam sebuah perusahaan

"Berbicara tentang sebuah kesuksesan sebuah perusahaan tidak pernah lepas dari yang namanya sebuah kerja keras dari semua elemen perusahaan, karna yang dibutukan adalah sebuah kerjasama atas semua elemen yang ada dalam sistem pada sebuah perusahaan sehingga suatu informasi baik kecil maupun besar dapat capat dan tepat sampai pada tujuanya. Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir didalam tubuh manusia, seperti halnya informasi dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung sebuah perkembangan dari perusahaan itu sendiri".
Dari kalimat diatas kita dapat menyimpulkan bahwa suatu sistem tidak dapat berjalan tanpa adanya informasi maka terciptalah CIM (Corporate Information Management) yang dalam bahasa indonesianya adalah Manajemen Informasi Perusahaan yang berfungsi untuk memaneg sebuah informasi yang masuk maupun keluar dari sebuah perusahaan yang akan berdampak pada perusahaan baik ataupun buruk.

Sebelum masuk dalam CIM ada baiknya kita memahami dari sebuah konsep dasar informasi, berdasarkan referensi dari (http://crystalforest.wordpress.com/2010/11/01/mengenal-corporate-information-management/) konsep dasar informasi adalah dimana Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan keriga terdiri dair sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi utnuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.

Konsep Dasar

Dibawah ini terdapat beberapa definisi, antara lain :

1. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
2. Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan.
3. Data yang terorganisir untuk membantu memilih beberapa tindakan yang sedang atau akan atau nonaction untuk memenuhi tujuan perusahaan (pilihan ini disebut pengambilan keputusan bisnis).
Pengertian CIM

Berdasarkan dari referensi yang penulis baca dapat disimpulkan CIM adalah ilmu yang digunakan untuk memanagemant suatu sistem yang ada di dalam perusahaan yang bertujuan untuk menyediakan yang dipergunakan dalam perhitungan financial perusahaan , menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, perbaikan berkelanjutan dan proses dalam pengambilan keputusan.

Bentuk nyata dari CIM dalam sebuah perusahaan

Salah satu bentuk dari CIM adalah sebuah Sistem Pendukung Keputusan atau yang biasa dikenal dengan SPK adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer, dapat juga dikatakan sebagai “sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik”( http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan).

Tahapan SPK:

• Definisi masalah• Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
• pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
• menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase)

Tujuan dari SPK:

• Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
• Mendukung manajer dalam mengambil keputusan
• Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan
Dalam pemrosesannya, SPK dapat menggunakan bantuan dari sistem lain seperti Artificial Intelligence, Expert Systems, Fuzzy Logic, dll.

Model dari suatu Sistem Pendukung Keputusan adalah sebagai berikut:



referensi :
http://crystalforest.wordpress.com/2010/11/01/mengenal-corporate-information-management/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan
http://teknik-informatika.com/sistem-pendukung-keputusan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

met Deteng ah di CiTy IT Blog aye...

Tempatnye orang-orang yang punya imajinasi guede!!!!pan harus begaye asal otaknye juge begaye